ANALISIS PERAN SEKTOR PARIWISATA DALAM PEMBANGUNAN DAERAH DI KABUPATEN LOMBOK BARAT (Pendekatan Location Quotient dan Klassen Typology Analysis)

  • Luluk Fadliyanti Universitas Mataram
  • Himawan Sutanto
  • Baiq Saripta Wijimulawiani

Abstract

Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar potensi sektor pariwisata menjadi sektor unggulan dan bagaimana daya saing sektor pariwisata terhadap sektor-sektor unggulan lainnya di kabupaten Lombok Barat. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari Badan Pusat Statistik kabupaten Lombok Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan alat analisis Location Quotient (LQ) dan Tipologi Klassen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor pariwisata (penyediaan akomodasi dan makan minum) mempunyai nilai LQ>1 yang artinya bahwa sektor pariwisata relatif terspesialisasi secara berlebihan pada aktivitas ekonomi di kabupaten lombok Barat sedangkan hasil dari analisis tipologi klassen hasilnya menunjukkan sektor pariwisata di kabupaten Lombok Barat mempunyai tingkat daya saing yang tinggi dengan hasil analisis bahwa sektor pariwisata berada di kuadran I yang artinya sektor pariwisata adalah sektor maju dan tumbuh cepat.

 

Kata kunci: Sektor pariwisata, PDRB, LQ, Tipologi Klassen

 

Published
2019-10-03
How to Cite
Fadliyanti, L., Sutanto, H., & Wijimulawiani, B. S. (2019). ANALISIS PERAN SEKTOR PARIWISATA DALAM PEMBANGUNAN DAERAH DI KABUPATEN LOMBOK BARAT (Pendekatan Location Quotient dan Klassen Typology Analysis). Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1(2), 106-114. Retrieved from http://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/13
Section
Articles