Analisis Potensi Ekonomi Pada Setiap Kecamatan Dalam Pengembangan Pembangunan Ekonomi di Kabupaten Lombok Utara

  • Putu Karismawan Universitas Mataram
  • Muhammad Alwi Universitas Mataram
  • Baiq Ismiwati Universitas Mataram
Keywords: Potensi Ekonomi

Abstract

Identifikasi potensi ekonomi pada setiap kecamatan di Kabupaten Lombok Utara sangat penting untuk dapat membuat perencanaan pembangunan yang tepat sehingga pengembangan pembangunan ekonomi dapat tumbuh dengan cepat. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui potensi sektor-sektor ekonomi pada setiap Kecamatan di Kabupaten Lombok Utara yang memenuhi tiga keriteri yaitu : sektor ekonomi yang merupakan sektor basis,sektor ekonomi yang memiliki keunggulan kompetitif atau daya saing ,sektor ekonomi yang maju dan tumbuh cepat dibandingkan sektor yang sama pada tingkat Kabupaten Lombok Utara.

Data yang digunakan adalah data PDRB dan pertumbuhan ekonomi pada setiap sektor ekonomi yang ada pada setiap kecamatan di Kabupaten Lombok utara. Alat analisis data digunakan analisis Location Quotien, Sheft Share dan Analisis Tipology Klassen. Keriteria yang digunakan untuk mengetahui sektor dan sub sektor ekonomi potensial adalah jika sektor dan sub sektor ekonomi mempunyai nilai LQ> 1, sektor ekonomi maju dan cepat tumbuh, sektor ekonomi berkembang cepat, serta mempunyai keunggulan komparatif.

 Hasil penelitian menunjukan bahwa sektor dan sub sektor ekonomi potensial untuk KecamatanGangga adalah sektor pertanian yang didukung oleh sub sektor peternakan dan hasil-hasilnya serta sub sektor kehutanan. Sektor ekonomi potensial selanjutnya adalah sektor penggalian, sub sektor perdagangan , sub sektor sewa bangunan serta sub sektor sosial kemasyarakatan, untuk Kecamatan Pemenang,adalah subsektor perkebunan dan perikanan, air bersih, Bangunan, Hotel  dan restoran, Pengangkutan dan Komunikasi, Keuangan & jasa perusahaan serta sektor Jasa-jasa, untuk Kecamatan Tanjung l adalah subsektor perkebunan , penggalian, Industri pengolahan, listrik & air bersih, Bangunan, Hotel, Pengangkutan dan Komunikasi, Keuangan & jasa perusahaan serta sektor Jasa-jasa baik jasa pemerintahan umummaupunjasa swasta, untuki Kecamatan Bayan adalah Sektor Pertanian, mencakup Sub sektorPerkebunan, Peternakan,Perikanan. Sektor bangunandan sub sektor tanaman bahan makanan dan sektor, UntukKecamatan Kayangan hanya dua sektor yaitu sektor Pertanian dan sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran. Sektor Pertanian adalah Sub Sektor Peternakan. Sektor Perdagangan Hotel dan Restoran. Selanjutnya disarankan kepada pemerintah Kabupaten Lombok Utara dan pemerintah setiap Kecamatan dalam membuat kebijakan pembangunan hendaknya memprioritaskan sektor dan sub sektor ekonomi potensial dan pembangunan sektor industri hendaknya disesuaikan dengan potensi ekonomi masing-masing kecamatan agar tercapai percepatan pembanguna di daerah Kabupaten Lombok Utara.

References

Adisasmita, R. 2005. Dasar- Dasar Ekonomi Wilayah, Graha ilmu, Yogyakarta
Arsyad, Lincolin, 1999. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah BPFE, Yogyakarta.
Boediono, 1985. Teori Pertumbuhan Ekonomi, BPFE UGM, Yogyakart
Kuncoro, M dan Aswandi, H, 2002. Evaluasi Kawasan Andalan, Studi Emperis di Kalimantan Selatan 1993-1999, Jurnal Ekonomi dan Bisma Indonesia Vol 7 no 1.
Nasir, Mohammad, 1988. Metode Penelitian. Jakarta Ghalia Indonesia.
Radianto, E, 2005. Evaluasi Pembangunan Regional Pasca Kerusuhan Maluku, EKI Vol 51
Sjafrizal, 2008, Ekonomi Regional, Teori dan Aplikasi, Baduose Mediosa, Cetakan Pertama, Padang.
Sukirno, Sadono, 1985, Ekonomi Pembangunan Proses, Masalah dan Dasar Kebijakan LPFE-UI, Jakarta.
Sugiono, 2010, Statistika Untuk Penelitian Alfabet, Bandung.
Tarigan, Robinson, 2004. Ekonomi Regional, Bumi Aksara, Jakarta.
Todaro, Michael P, 1988. Pembangunan Ekonomi Dunia Ketiga, Penerbit Erlangga, Edisi keenam, Jakarta
Published
2020-11-18
How to Cite
Putu Karismawan, Muhammad Alwi, & Baiq Ismiwati. (2020). Analisis Potensi Ekonomi Pada Setiap Kecamatan Dalam Pengembangan Pembangunan Ekonomi di Kabupaten Lombok Utara. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(2), 192 - 198. Retrieved from http://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/31
Section
Articles