Analisis Pola Dan Struktur Pertumbuhan Sektor Ekonomi Kota Mataram Dan Hubungan Kota Mataram Dengan Kabupaten Sekitarnya Di Pulau Lombok Propinsi Nusa Tenggara Barat

Main Article Content

Wahidin
M. Firmansyah
Endang Astuti

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini menganalisis Pola dan Struktur Pertumbuhan Sektor Ekonomi Kota Mataram Propinsi Nusa Tenggara Barat. Tujuannya: 1) untuk mengetahui sektor ekonomi Mataram yang prima dan potensial. 2) untuk mengetahui kabupaten mana yang mempunyai keterkaitan/interaksi yang kuat dengan Kota Mataram. Variabel penelitian: pertumbuhan ekonomi, PDRB Kota Mataram dan Propinsi NTB, jumlah penduduk, dan jarak antar kabupaten. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan: 1) Tipologi Klassen, 2) Model Gravitasi. Hasil penelitian: sektor ekonomi Kota Mataram yang prima dan potensial adalah: sektor konstruksi,  sektor perdagangan besar dan eceran, sektor informasi dan komunikasi, sektor jasa keuangan dan asuransi, dan sektor jasa Pendidikan. Kabupaten yang mempunyai keterkaitan yang kuat dengan Kota Mataram adalah kabupaten Lombok Barat dan kabupaten Lombok Tengah.

Article Details

How to Cite
Wahidin, M. Firmansyah, & Astuti, E. (2021). Analisis Pola Dan Struktur Pertumbuhan Sektor Ekonomi Kota Mataram Dan Hubungan Kota Mataram Dengan Kabupaten Sekitarnya Di Pulau Lombok Propinsi Nusa Tenggara Barat . Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(1), 17-25. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i1.34
Section
Articles

References

Arsyad, Lincolin, 2010. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Daerah. Edisi Pertama, Yogyakarta, BPFE.
Banendro, S.D. 2016. Jurnal. Analisis Ketimpangan Pembangunan Antar Kecamatan di Kabupaten Bondowoso Tahun 2006-2012. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember. Jember.
Kuncoro, M, 2006. Dasar-dasar Ekonomi Pembangunan. Edisi 4, Yogyakarta, UPP STIM YKPN.
Sukirno, Sadono, 2013. Ekonomi Pembangunan. Proses, Masalah Dan Dasar Kebijakan. Edisi Kedua. Jakarta, Kencana Pranada Media Group.
Todaro, Michael P. dan Stephen C. Smith. 2006. Pembangunan Ekonomi. 9 ed. Jakarta: Erlangga
Widodo, Tri, 2006. Perencanaan Pembangunan. Aplikasi Komputer. Era Otonomi Daerah. Cetakan Pertama. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.