PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM

  • Emi Salmah Universitas Mataram
  • Luluk Fadliyanti Universitas Mataram
  • Siti Sriningsih Universitas Mataram
Keywords: Media Sosial, Interaksi, Aksesabilitas, Minat Berwirausaha

Abstract

Berwirausaha dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial yang ada, seperti saat ini semua orang dapat dengan mudah mengakses bahkan memiliki akun media sosial yang dapat digunakan untuk berbagi informasi baik berupa foto ataupun vidio. Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling diminati para generasi milenial dan banyak menggunakan 4 platform media sosial, yakni Instagram, Snapchat, Youtube dan Fecebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar  pengaruh pemanfaatan media sosial instagram terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel dependen komunitas online (X1), secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel independen minat berwirausaha (Y), sedangkan variabel interaksi (X2), dan variabel aksesabilitas (X3) secara parsial masing – masing berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha (Y). Dan secara simultan semua variabel dependen komunitas online (X1), interaksi (X2), dan aksesabilitas (X3) secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha (Y). Sedangkan berdasarkan hasil deteksi asumsi klasik menunjukkan kondisi model tidak dalam masalah multikoloniaritas, tidak mengandung heteroskedastisitas dan menunjukkan kondisi normal.

References

Anonomi, 2020. Nusa Tenggara Barat Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Nusa Tenggara Barat, Mataram.
Andi Dwi Riyanto. “Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2020 – Andi Dwi Riyanto, Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara: E-Bisnis/Digital
Marketing/Promotion/Internet Marketing, SEO, Technopreneur, Fasilitator Google Gapura Digital Yogyakarta.” Andi.link, 2020, andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Deslima, Y. D. (2018). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah Bagi Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung. Lampung: UIN Raden Intan Lampung. Skripsi
Puspitasari, D. (2018). Pengaruh Terpaan Video Beauty Vlogger Di Youtube Terhadap Perilaku Imitasi Mahasiswi Dalam Merias Wajah(Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013. Malang: University Of Malang.http://eprints.umm.ac.id/40601/3/BAB%20II.pdf
Chusumastuti, D. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Online Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa (Studi Kasus Disekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta ).Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan.
Fikrian, M. (2018). Analisis Peran Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Dalam Persektif Ekonomi Islam ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Angkatan 2014) . Jurnal, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Vol. 2, No 2, 2018
Yudi Siswadi 2013 Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal Dan Pembelajaran Kewirausahaan Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 3 no 1 2013.
Published
2021-09-16
How to Cite
Salmah, E., Fadliyanti, L., & Sriningsih, S. (2021). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 137-147. Retrieved from http://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/44