Disparitas Antara Kebutuhan Dan Kapasitas Fiskal Daerah Kabupaten Lombok Timur Tahun 2011-2016

  • Pujawati Pujawati Universitas Mataram
  • Hailuddin Badri
  • Eka Agustiani

Abstract

 

Penelitian tentang Disparitas antara Kebutuhan dan Kapasitas Fiskal Daerah Kabupaten Lombok Timur Tahun  2011-2016, bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan kapasitas fiskal Kabupaten Lombok Timur dalam memenuhi pembangunan daerahnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriftif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh  melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Selanjutnya data dianalisis dengan perhitungan kapasitas fiskal, derajat desentralisasi, rasio kemandirian, rasio ketergantungan, dan kebutuhan fiskal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fiscal Capasity Lombok Timur selama 6 tahun menunjukkan kondisi yang fluktuatif namun cenderung menurun. Hal ini mencerminkan kemampuan keuangan yang semakin  berkurang, artinya Lombok Timur masih belum dapat meningkatkan kemampuannya dalam memperoleh sumber keuangan.  Ini semua terlihat dari rasio kemandiriannya yang termasuk dalam kategori kurang mandiri, rasio ketergantungannya masih sangat tinggi pada bantuan dana pemerintah pusat, serta kebutuhan fiskal daerah yang terus mengalami peningkatan tiap tahun. Dengan hasil analisis tersebut, pemerintah daerah mesti terus konsisten menggali sumber-sumber fiskal yang dimiliki, terutama yang terkait  dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) demi keberlangsungan pembangunan daerah dan mengurangi tingkat ketergantungan pada pemerintah pusat.


Kata kunci: Kapasitas fiskal, kebutuhan fiskal, derajat desentralisasi, dan rasio kemandirian

Published
2019-03-01
How to Cite
Pujawati, P., Badri, H., & Agustiani, E. (2019). Disparitas Antara Kebutuhan Dan Kapasitas Fiskal Daerah Kabupaten Lombok Timur Tahun 2011-2016. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1(1), 24- 36. Retrieved from http://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/5
Section
Articles