EFFECTIVENESS OF USE OF E-COMMERCE ON CONSUMER BEHAVIOR PATTERNS IN WEST NUSA TENGGARA

  • Nur Awwalunnisa Universitas Islam Negeri Mataram
Keywords: Kualitas Produk, E-Service Quality, Kepuasan Konsumen.

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini telah menggeser pengertian pasar secara tradisional. Pasar diartikan sebagai tempat bertemunya panjual dan pembeli secara langsung hingga terjadinya jual beli, namun sekarang jual beli tidak harus dilakukan secara tatap muka namun dengan adanya teknologi, kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan internet. E-commerce merupakan media yang menyediakan transaksi secara online dengan berbagai perangkat yang terintegrasi internet yang saat ini digunakan masyarakat dalam menghadapi gangguan pandemic covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efketivitas penggunaan e-commerce pada perilaku konsumen di masa pandemic covid 19. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif-kuantitatif. Pendekatan kualitatif menggunakan kuesioner untuk mendapat kan respon dari populasi. Kuesioner disebarkan menggunakan goggle form dan di dapatkan 97 responden. Pengujian statistic menggunakan alat statistic SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas prosuk dan E-service Quality berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen e-commerce di provinsi Nusa Tenggara Barat baik secara parsial maupun simultan.

Kata Kunci: Kualitas Produk, E-Service Quality, Kepuasan Konsumen.

References

Andriyanto, Achmad & Dany Nugroho. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus:ABC.COM). Jurnal Logistik Bisnis. Vol.6. No.2. November.
Ariani, Diana. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pelanggan Dan Perkembangan Toko Linda Busana Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Skylandsea. Volume.2 No. 2 Juli.
Elhachemi, Tamma. (2020). Effect Of Digital Marketing Resources On The Firm Growth. International Journal Of Innovation In Engineering Research and Techonology (IJIERT).
Febriani, Nufian S, dkk. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap Kualitas E-Service Pada E-Commerce. Jurnal Ilmu Komunikasi: ULTIMACOMM. Vol.12. No.2. Desember 2020.
Felicia, L. (2016). Pengaruh e-service qualiry terhadap loyalitas pelanggan Go-Jek melalui kepuasan pelanggan. Agora. 4(2), 95-100.
https://www.grahanurdian.com. Accessed 20 Mei 2022.
https://lombokpost.jawapos.com/. Accessed 1 June2022.
https://databoks.katadata.co.id/. Accesseed 27 July 2022.
Isabelle, Canares. Et. al. (2022). Filipino Customer’s Preferences Of Online Marketing Channels. Journal Of Undergraduate Research In Business Administration. Vol.1. Issue No.1. February-May.
Karim, Adiwarman Anwar. (2001). Ekonomi Islam Suatu Kajian Kontemporer. Jakarta: Gema Insani.
Lestari, F.A.P. (2018). Pengaruh Web E-Commerce, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Sosio e-Kons, 10(1), 87-95.
Ningrum, Widia Septia. (2022). Perilaku Berbelanja Online Menggunakan E-Wallet Saat Pandemi Sampai Sekarang. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis: JAMBURA. Vol.5. No.1.
Oktaviani, Lulud, dkk. (2022). Penerapan Digital Marketing Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Marning. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume. 2. Nomor 1. Februari.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tabuena, Alreany, et.al. (2022). A Literature Review On Digital Marketing Strategies and Its Impact on Online Business Sellers During The Covid-19 Crisis. Asian Journal Of Management Entrepreneursip and Social Science. Volume. 02. Issue 01. February.
Tjiptono, Fandy. (1996). Strategi Bisnis dan Manajemen. Yogyakarta:Andi.
Published
2022-09-26
How to Cite
Nur Awwalunnisa. (2022). EFFECTIVENESS OF USE OF E-COMMERCE ON CONSUMER BEHAVIOR PATTERNS IN WEST NUSA TENGGARA. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(2), 223-230. Retrieved from http://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/66