DAMPAK PEMBERIAN BLT DBHCHT TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI

  • Heni Setyowati Esti Rahayu Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Siti Noor Khikmah Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Abdillah Ahsan Universitas Indonesia
Keywords: Kesejahteraan, Petani, Bantuan Langsung Tunai, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang dampak pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) terhadap kesejahteraan petani. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk menganalisis BLT dari DBHCHT terhadap kesejahteraan petani. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, juga menggunakan data tentang harapan petani terhadap BLT DBHCHT yang berupa ungkapan harapan responden secara langsung terhadap BLT DBHCHT. Penelitian ini menggunakan populasi semua petani yang menerima BLT DBHCHT di Kabupaten Magelang, Kendal dan Wonosobo. Besar sampel ditentukan menggunakan tabel krecjie dengan jumlah populasi 20.000 dengan taraf signifikansi 5%, maka sampel sebanyak 342 orang. Namun ketika pengumpulan data, data yang terkumpul sejumlah 311 data dikarenakan 27 data lainnya tidak lengkap. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden menyatakan pemberian dana BLT DBHCHT belum disosialisasikan, namun sebagian besar responden menyatakan BLT DBHCTT sudah diterima. Pengetahuan masyarakat tentang BLT DBHCHT sebagian besar sudah baik, hanya sebagiaan kecil yang masih rendah. Sumber penerimaan BLT DBHCHT sebagian besar dari Kecamatan dan kantor Pos, namun ada juga yang dari Desa/Kelurahan dan tempat kerja. Besarnya BLT DBHCHT yang diterima Sebagian besar Rp 1.200.000,00 dengan frekuensi penerimaan dua kali. Sebagian besar dana BLT DBHCHT digunakan untuk pembeliaan bibit namun juga masih ada yang menggunakan untuk keperluan pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Harapan responden dana BLT DBHCHT meningkatkan kesejahteraan petani, pemberiannya secara adil dan transparan.

References

Ades, T. (2022). Analisis Dampak Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Bagi Masyarakat Di Desa Mekar Mandiri Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2020. Jurnal Pekan, 7(1).

Adicita, P. A. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jepara. 5(3), 248–253.

Agustina, I., & Hendra, A. (2021). Implementasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bagi MAsyarakat Terdampak Covid-19 di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Publik, 8(2), 132–144.

Ahsan, A., Veruswati, M., Wiyono, N. H., Amalia, N., Yuniar, A. M., & Rusdjijati, R. (2022). Evaluasi Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Untuk Kesejahteraan Petani Tembakau (Issue May). UI PUBLISHING.

Dewi, M. S. (2011). Evaluasi Program Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) di Kecamatan Kramatwatu.

Fadul, F. M. (2019). Peraturan Bupati Magelang Nomor 38 Tahun 2021.

Published
2024-09-30
How to Cite
Rahayu, H. S. E., Khikmah, S. N., & Ahsan, A. (2024). DAMPAK PEMBERIAN BLT DBHCHT TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 6(2), 51-58. https://doi.org/10.29303/e-jep.v6i027