ANALISIS POTENSI WILAYAH DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN AGROPOLITAN DI KABUPATEN BOJONEGORO PROVINSI JAWA TIMUR MELALUI PENDEKATAN LOCATION QUOTIENT, SHIFT SHARE, SWOT

  • Via Hamida Dwita Noer Azizia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Syamsul Huda
Keywords: Potensi Wilayah, Agropolitan, Location Quotient, Shift Share, SWOT

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis potensi wilayah dalam pengembangan kawasan agropolitan di Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur melalui pendekatan location quotient, shift share, SWOT. Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan data sekunder dalam proses analisis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersifat kuantitatif yaitu data dalam bentuk angka-angka. Sumber data diperoleh dari publikasi resmi pemerintah seperti Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang dilakukan secara umum menggunakan metode survei primer dan survei sekunder. Survei primer dilakukan dengan observasi lapangan yang berkaitan dengan penelitian. Sedangkan survei sekunder dilakukan dengan mengkaji pustaka atau literatur yaitu dengan mengumpulkan data-data yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil perhitungan Location Quotient (LQ) di kecamatan Bojonegoro yang termasuk kedalam sektor basis adalah, sektor pertambangan, sektor administrasi pemerintah, sektor informasi dan komunikasi serta sektor pertambangan sedangkan Berdasarkan hasil perhitungan Shif Share Analisys sektor yang memiliki keuanggulan daya saing kompetitif adalah; seltor pertanian, sektor pertambangan dan penggalian, sektor industri pengolahan, sektor pengadaan listrik dan gas, sektor perdagangan besar dan eceran, sektor transfortasi dan pergudangan, sektor penyedia akomodasi dan makan minum, sektor informasi dan komunikasi, sektor jasa keuangan dan asuransi, sektor real estat, sektor jasa perusahan dan sektor administrasi pemerintah.

References

Ahmad, S. (2019). Sektor Basis Dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Enrekang (Studi Kasus Pada Kawasan Agropolitan Belajen). Jurnal Ecosystem Volume 19 Nomor 3, September - Desember, 360-366.
Ananda, C. F. (2017). Pembangunan ekonomi daerah : dinamika dan strategi pembangunan. Malang: UB Press.
Anonim. (2020). Indikator Pertanian 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Annisa, C. I., & Santoso, E. B. (2019). Arahan Pengembangan Kawasan Agropolitan Berdasarkan Komoditas Unggulan Prioritas Tanaman Pangan Kabupaten Bojonegoro. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 8, No. 2, ISSN: 2337-3539, 175-181.
Arsyad, L. (2015). Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Arwati, S. (2018). Pengantar Ilmu Pertanian Berkelanjutan. Jakarta: Inti Mediatama.
Basuki, A. T. (2012). Pengembangan Kawasan Agropolitan. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan Volume 13, Nomor 1, April, 53-71.
Basuki, M., & Mujiharjo, F. N. (2017). Analisis Sektor Unggulan Kabupaten Sleman dengan Metode Sift Share dan Location Qoutient. Jurnal Sains Teknologi dan Industri 15 (1), 52 - 60.
bojonegorokab.bps.go.id. (2021, November 11). Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten BojonegorO. Retrieved from https://bojonegorokab.bps.go.id/statictable.html
Cipta, S. W., Sitorus, S. R., & Lubis, D. P. (2017). Pengembangan Komoditas Unggulan di Wilayah Pengembangan Tumpang Kabupaten Malang. Kawistara, Vol. 7, No. 2, 22 Agustus, 121-133.
Dahliani, L. (2020). Kapita Selekta Teknologi Perkebunan. Bandung: Penerbit IPB Press.
Mahi, A. K., & Trigunarso, S. I. (2017). Perencanaan pembangunan daerah : teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana.
Muljarijadi, B. (2017). Pembangunan Ekonomi Wilayah : Pendekatan Analisis Tabel Input-Output. Bandung: Unpad Press.
Nugroho, I. (2008). Agropolitan: Suatu Kerangka Berpikir Baru Dalam Pembangunan Nasional? Journal of Indonesian Applied Economics Vol. 2 No. 2 Oktober, 174-186.
Nur’aini, F., & Fatimah, D. (2016). Teknik Analisis SWOT. Jakarta: Penerbit Anak Hebat Indonesia.
Pramono, R. W. (2021). Modul Teknik Analisis Dan Perencanaan Wilayah. Yogyakarta: Deepublish.
Purba, B., Rahmadana, M. F., Basmar, E., Sari, D. P., Klara, A., Damanik, D., Nugraha, N. A. (2021). Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Rachim, A. (2015). Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Rustiadi, E. (2018). Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Salim, M. A., & Siswanto, A. B. (2019). Analisis SWOT Dengan Metode Kuesioner. Jakarta: CV. Pilar Nusantara.
Simanjuntak, D., & Sirojuzilam. (2013). Potensi Wilayah Dalam Pengembangan Kawasan Agropolitan Di Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol. 1, No. 3, Februari, 134-150.
Wahyudie, T. (2020). Pengelolaan Komoditas Hortikultura Unggulan Berbasis Lingkungan. Nusa Tenggara Barat: Forum Pemuda Aswaja.
Widowati, N. D. (2020). Analisis Potensi dan Daya Saing Komoditas Unggulan Pertanian dalam Upaya Pengembangan Ekonomi Wilayah Berbasis Agropolitan (Studi Kasus Kawasan Segobatam, Kabupaten Kediri). Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Published
2022-09-26
How to Cite
Azizia, V. H. D. N., & Huda, S. (2022). ANALISIS POTENSI WILAYAH DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN AGROPOLITAN DI KABUPATEN BOJONEGORO PROVINSI JAWA TIMUR MELALUI PENDEKATAN LOCATION QUOTIENT, SHIFT SHARE, SWOT. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(2), 142-151. Retrieved from https://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/49