Relevansi Program Pendidikan dengan Kebutuhan Dunia Kerja : Studi pada alumni Magister Ilmu Ekonomi FEB Unram

  • Busaini Universitas Mataram
  • Iwan Harsono Universitas Mataram
  • Himawan Sutanto Universitas Mataram
Keywords: Tracer study, alumni, kurikulum

Abstract

Penelitian tracer study ini bermaksud untuk menganalisis tingkat relevansi antara program pendidikan yang diselenggarakan oleh alumni Program Studi Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram (FEB Unram) dengan kebutuhan lapangan. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan berbagai informasi penting, antara lain kebutuhan riil yang diperlukan dunia kerja, kekurangan yang dimiliki lulusan, kelemahan kurikulum yang selama ini digunakan, dan harapan alumni terhadap Prodi MIE FEB Unram terkait dengan penyelenggaraan pendidikan ke depan.

Penelitian ini menemukan bahwa alumni MIE FEB Unram tersebar di berbagai instansi baik negeri maupun swasta. Beberapa diantaranya juga menjalankan usaha sendiri. Bidang pekerjaan yang digeluti oleh para alumni MIE FEB Unram adalah dalam bidang  pendidikan, pemerintahan dan jasa.

Kurikulum pada Prodi MIE FEB Unram sudah sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Akan tetapi masih perlu ditingkatkan lagi dengan penambahan materi-materi yang bisa menunjang pekerjaan antara lain kemampuan menulis ilmiah, ketrampilan berbahasa asing dan kemampuan analisis perencanaan pembangunan.

References

Ansyar, M. & Nurtain. 1993. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Association for African Universities. 2002. Regional workshop on tracer studies of past university students. http://www.aau.org/ (Accessed 1 June 2010).
Bernadin, H. J., & Russel, J. C. A. 1993. Human Resourcess Management.
Boaduo, NA-P, Mensah, J & Babitseng, SM. 2009. Tracer study as a paradigm for the enhancement of quality course programme development in higher education institutions in South Africa. Paper presented at the Educational Colloquium, University of North-West, Potchefstroom, South Africa, 20–21 August 2009.
Cascio, Awad. 1981. Humane Resources Management : An Information System Approach, Virginia : Reston Publissing Company.
Hasan Alwi (dkk.). 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Edisi Ketiga.
Hasan, S. H. 2009. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
John M. Echols & Hasan Shadily. 1995. Kamus Inggris – Indonesia: An English – Indonesian Dictionary. Jakarta Gramedia. Cetakan 21.
Nasution, S. 2009. Asas-Asas Kurikulum (Cetakan Kesepuluh). Jakarta: Bumi Aksara.
Oliver, R., Kersten, H., Vinkka‐Puhakka, H., Alpasan, G., Bearn, D., Cema, I., ... & Jeniati, E. (2008). Curriculum structure: principles and strategy. European Journal of Dental Education, 12, 74-84.
Sudarwan Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung. Cetakan 1.
Published
2021-04-22
How to Cite
Busaini, Harsono, I., & Sutanto, H. (2021). Relevansi Program Pendidikan dengan Kebutuhan Dunia Kerja : Studi pada alumni Magister Ilmu Ekonomi FEB Unram. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(1), 10-16. Retrieved from http://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/33