Peranan Modal Sosial Islami Dalam Mengurangi Penduduk Miskin Di Nusa Tenggara Barat (NTB)

Main Article Content

Muhammad Irwan
Titiek Herwanti
M. Firmansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis tentang Peranan Modal Sosial Islami menurunkan penduduk miskin di Nusa Tenggara Barat (NTB). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.  Data yang dipergunakan adalah data sekunder.  Untuk mencapai tujuan analisis ini, analisis dilakukan secara kualitatif dan kuantatif.  Peranan modal sosial Islami untuk mengentaskan kemiskinan dapat dilihat dari jumlah dana yang dihimpun oleh  BAZNAS NTB, dan DASI NTB .


Hasil peneliitian menunjukan bahwa jumlah penduduk miskin di NTB pada tahun 2013- 2019  mengalami penurunan dengan rata-rata sebesar 17.251 jiwa per tahun. Rata-rata 48,53 persen berada di daerah perkotaan dan daerah pedesaan rata-rata sebesar 51,47 persen  Persentase penduduk miskin mengalami penurunan rata-rata 15,77 persen.  Persentase penduduk miskin di daerah perkotaan  rata-rata menurun 17,22 persen sedangkan di daerah pedesaan rata-rata 14,64 persen. Besarnya dana zakat yang dihimpun oleh BAZNAS provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2013 – 2019 terus mengalami peningkatan  yang merupakan manifestasi dari unsur modal sosial Islami yaitu trust (kepercayaan) masyarakat yang diberikan kepada BAZNAS untuk mengelola dana  ZIS.  Persentase terbesar dari ZIS yang disalurkan adalah untuk fakir miskin dengan rata-rata 60,13 persen. Hal ini bermakna bahwa Dana ZIS sebagai modal sosial islami telah berperan terhadap pemenuhan keebutuhan hidup orang miskin yang diikuti pula oleh menurunnya jumlah penduduk miskin.  Wakaf sebagai modal sosial islami yang lain masih dilakukan pada harta yang tidak bergerak yaitu tanah. Pelaksanaan wakaf uang sebagai sumber modal sosial islami masih relatif kecil.

Article Details

How to Cite
Irwan, M., Herwanti, T., & M. Firmansyah. (2021). Peranan Modal Sosial Islami Dalam Mengurangi Penduduk Miskin Di Nusa Tenggara Barat (NTB). Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(1), 26-43. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i1.35
Section
Articles

References

Al-Qubbani, M. Bahauddin, 1999. Miskin dan Kaya Dalam Pandangan Al-Qur’an. Gema Insani, Jakarta.
Badan Pusat Statistik. 2013. Statistik Modal Sosial 2012. Jakarta.
Badan Pusat Statisitik Nusa Tenggara Barart, 2020. Profik Kemiskinan di Nusa Tenggara Barat September 2019. Berita Resmi Statistik, Mataram
Beik, Irfan Syauqi dan Laily Dwi Arsiyanti. 2016. Ekonomi Pembangunan Syariah, Edisi Revisi. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Haridison, Anyualatha, 2013. Modal Sosial Dan Pembangunan. JISPAR, FISIP Universitas Palangka Raya, Vol. 4, 2013. p. 31 – 40
Hasan, Sudirman. 2011. Wakaf Uang, Pespektif Fiqih, Hukum Positif, dan Manajemen. Malang; UIN-MALIKI PRESS.
Kuncoro, Mudradjat, 2013, Mudah Memahami dan Menganalisis Indikator Ekonomi. UPT STIM YKPN, Yogyakarta.
Nasution, Mustafa Edwin, Budi Setyanto, Nurul Huda, Muhammad Arief, Mufraini, Bey Sapta Utama, 2006, Pengenalam Eksklusif Ekonomi Islam, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Qadir, Abdurrahman, 1998. Zakat (Dalam Dimensi Mahdah dan Sosial). Radja Grafindo Persada; Jakarta.
Rosyadi, Khoirul. 2015. Islam, Modal Sosial, Pembangunan dan Pengentasan Kemiskinan. Dimensi; Journal of Sociologi. Vol. 8 No1.
Stamboel, Kemal A, 2012, Panggilan Keberpihakan, Strategi Mengakhiri Kemiskinan di Indonesia,. PT. Gramedia Pusrtaka Utama, Jakarta.