Pengaruh Dimensi Religiusitas Dan Faktor Sosio-Demografis Terhadap Keputusan Menabung Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Univeristas Mataram Pada Bank Syariah

  • Ida Ayu Putri Suprapti Universitas Mataram
  • Taufiq Chaidir Universitas Mataram
  • Gusti Ayu Arini Universitas Mataram
Keywords: religiusitas, sosio-demografis, keputusan menabung, partial least squares

Abstract

Menabung merupakan aktivitas yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang. Perilaku menabung biasanya didahului dengan adanya keinginan dari orang yang akan menabung. Sebelum seorang individu memutuskan untuk menabung di bank, terlebih dahulu dipertimbangkan apa tujuan dan manfaat dari menabung. Penelitian ini betujuan untuk membuktikan bahwa dimensi religiusitas yang di ukur dengan dimensi keyakinan, keislaman, ikhsan, pengetahuan,dan dimensi konsekuensial, serta faktor sosio-demografis yang di ukur oleh pendapatan, jenis kelamin, usia, danpendidikan berpengaruh terhadap keputusan menabung dosen Fakultas Ekonomi Universitas Mataram pada bank syariah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan yang digunakan adalah menggunakan metode sensus terhadap seluruh dosen FEB Unram. Metode estimasi dan pengujian hipotesis menggunakan model analisis jalur Partial Least Squares (PLS).Hasil penelitian menunjukkan bahwa  dimensi religiusitas yang diukur oleh dimensi keyakinan, keislaman, Ihsan, pengetahuan, konsekuensi, dan faktor sosialyang di ukur oleh pendapatan dan pendidikantidak terbukti atau tidak berpengaruh terhadap keputusan menabung. Sedangkan faktor demografis yang di ukur oleh jenis kelamin, dan usiaterbukti atau berpengaruh terhadap keputusan menabung dosen Fakultas Ekonomi Universitas Mataram pada bank syariah.Karakteristik individu yakni usia dan pendidikan berkaitan dengan perilaku yang rasional terhadap pengelolaan, dan perencanaan keuangan. Kelompok umur dan pendidikan yang berbeda menunjukkan pola yang berbeda dalam tabungan pribadi mereka, semakin tinggi usia dan pendidikan seseorang cendrung memiliki tingkat tabungan yang lebih tinggi.

References

Ahass, Liana. 2018. Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan,Persepsi, Perilaku, dan Preferensi Terhadap Minat Beli Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus BNI Syariah KC Ungaran). Jurusan Perbankan Syariah. IAIN Salatiga.
Amniatuzzahra. 2014. Persepsi Pengaruh Pengetahuan Keaungan, Sikap Keuangan, Sosial Demografi Terhadap Perilaku Keuangan Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Individu (Studi Kasus Pada Mahasiawa Magister Manajemen Universitas Diponegoro). Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 23, No. 2, Desember 2014.
Antonio,MuhammadSyafi’i.2001.BankSyari’ah:DariTeori kePraktik.Jakarta: Gema Insani Press.
Atira. 2019. Pengaruh Jenis Kelamin, Usia, Tingkat Pendidikan, Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Bank Syariah Di Kota Yogyakarta). Jurusan Perbankan Syariah. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Azizah, Moena. 2016. Pengaruh Pendapatan Dan Pendidikan Nasabah Terhadap Minat Nasabah Investasi Emas Di BSM KC Warung Buncit. Jurusan Muamalat (Ekonomi Islam). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Babiarz, Patryk dan Cliff A. Robb. 2013. Financial Literacy and Emergency Saving.
Collins, Susan M. 1991. Saving Behavior in Ten Developing Countries. Journal National Saving and Economic Performance.
Cronqvist, Henrik dan Stephan Siegel. 2010. The Origins of Savings Behavior.
Delafrooz, Narges dan Laily Paim.2011. Personal Saving Behavior among Malaysian Employees: Socio Demographic Comparison. Recourse Management and Consumer Studies. Selangor, Malaysia.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
______. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 EdisiKe-9, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hasyim, Musyafiq dan Abdullah Salam. 2015. Analisis Pengaruh Pendidikan DanPekerjaan Terhadap Pengetahuan Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus Kepala Keluarga di Dukuh Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta Tahun 2013). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia Vol. 5 No. 1 Juni 2015.
Huda, Muchamad Miftakhul. 2017. Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan DanPendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa Kupen). Jurusan Perbankan Syariah. IAIN Salatiga.
Ibrahim, Mohamed E. dan Fatima R. Alqaydi. 2013. Financial Literacy, Personal Financial Attitude, and Forms of Personal Debt among Residents of theUAE. International Journal of Economics and Finance; Vol. 5, No. 7, June 2013.
Jalaluddin. 2010. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kostakis, Ioannis. 2012. Households’ Saving Behavior in Greece Corresponding Countermeasures in Financial Crisis. International Journal of Economic Practices and Theories, Vol. 2, No. 4, October 2012.
Kusmuriyanto, Rusdarti. 2008. Fenomena Ekonomi Di Sekitar Kita, Surakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Latifa, Nur El. 2016. Pengaruh Pengetahuan, Disposable Income Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah Pada Santri Pondok Pesantren Salaf Ali Al–Fuadiyyah Di Pemalang. Jurusan Muamalah-Hukum Ekonomi Syariah. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Mardani. 2014. Hukum Bisnis Syariah, Edisi Pertama, Jakarta: Prenadamedia Group
______. 2015. Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia, EdisiPertama, Jakarta: Prenadamedia Group.
Masruroh, Atik. 2015. Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas Dan Disposible Income Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa STAIN Salatiga). Jurusan Syariah Dan Ekonomi Islam.Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.
Mustakim, Ali. 2019. Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Suriyah Cabang Semarang. Jurusan Ekonomi Islam.UIN Walisongo Semarang.
Nababan, Darman dan Isfenti Sadalia. 2012. Analisis Personal Financial Literacy Dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Jurnal.
Nisa, Khoirun. 2018. Analisis Pengaruh Tingkat Pendapatan Dan Religiusitas Mahasiswa Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Angkatan 2015 dan2016 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). Jurusan Perbankan Syariah. UIN Raden Intan Lampung.
Obayelu, Oluwakemi Adeola. 2012. Saving Behavior of Rural Households in Kwara State, Nigeria.
Reksoprayitno, Soediyono. 2009. Pengantar Ekonomi Makro. Edisi 6. Yogyakarta: BPFE
Sahlan, Asmaun. 2011. Religiusitas Perguruan Tinggi: Potret TradisiKeagamaandi Perguruan Tinggi Islam. Malang: UIN Maliki Press
Sari,Weni Purnama. 2019. Pengaruh Latar Pendidikan Nasabah Terhadap MinatMenjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri Di Rejang Lebong. Jurusan Perbankan Syariah. IAIN Curup.
Soma,Abdul Mukti.et, al. 2017. Religiosity and Islamic Banking Product Decision: Surveyon Employees of PT Telekomunikasi Indonesia. Jurnal Etikonomi Vol. 16, No. 1, April 2017.
Tiara. 2017. Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan Nasabah, Pendapatan Nasabah, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah (Studi kasus pada nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Magelang). Jurusan Perbankan Syariah. IAIN Salatiga.
Wei,Shang-Jin dan Wiaobo Zhang. 2011. The Competitive Saving Motive Evidence from Rising Sex Ratios and Saving Rates in China.
Published
2021-04-22
How to Cite
Suprapti, I. A. P., Chaidir, T., & Arini, G. A. (2021). Pengaruh Dimensi Religiusitas Dan Faktor Sosio-Demografis Terhadap Keputusan Menabung Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Univeristas Mataram Pada Bank Syariah. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(1), 44-60. Retrieved from http://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/36