ESENSI PERBEDAAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF

  • Muhammad Firmansyah Mataram University
  • Masrun Masrun Universitas Mataram
  • I Dewa Ketut Yudha S Universitas Mataram
Keywords: pendekatan kuantitatif, pendekatan kualitatif, penomoran dan intepretif

Abstract

Penelitian kualitatif saat ini telah mendapat tempat dalam kajian-kajian ilmiah di lingkup fakultas ekonomi dan bisnis. Telah banyak tugas akhir mahasiswa berupa skripsi, tesis dan disertasi yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Namun dalam pelaksanaannya perbedaan antara kuantitatif dan kualitatif masih samar-samar di kalangan mahasiswa dan juga dosen yang terbiasa dengan metode kuantitatif. Sehingga masih dibutuhkan penjelasan perbedaan kedua metode tersebut. Artikel ini menjelaskan esensi perbedaan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Artikel ini menggunakan analisis kepustakaan.

References

Baden, S dan Major, C H. 2010. Wisdom And Uncertainty. Dalam Baden, Savin Dan Major, Claire Howell (Eds). New Approaches To Qualitative Research. Routledge: New York.
Berg, B L, 2001. Qualitative Research Methods For The Social Sciences Fourth Edition. Allyn And Bacon: USA
Bryman, A, 2004. Quantity And Quality In Social Research. Routladge: London And New York.
Chamlee-Wright, E, 2010. Qualitative methods and the pursuit of economic understanding. Rev Austrian Econ (2010) 23:321–331.
Dobrovolny, J L dan Fuentes, S.C.G, 2008. Quantitative Versus Qualitative Evaluation: A Tool To Decide Which To Use. Performance Improvement, Vol. 47, No. 4, April 2008
Vainderstoep, S W dan Johanston, D D, 2009. Research Method Of Every Day Life: Blending Qualitative And Quantitative Approach. Sanfransisco: John Willey And Sons.
Sale, J E.M, Lohfeld, LH, Brazil, K, 2002. Revisiting the Quantitative-Qualitative Debate: Implications forMixed-Methods Research. Quality & Quantity 36: 43–53, 2002.
Published
2021-09-16
How to Cite
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). ESENSI PERBEDAAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156-159. Retrieved from http://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/46