ANALISIS PDRB MENURUT LAPANGAN USAHA YANG MEMPENGARUHI LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2011-2023

  • Yudhistira Adiseputra Universitas Bojonegoro
  • Happy Adianita Universitas Bojonegoro
  • Dados Susilowati Universitas Bojonegoro
  • Aulida Isna Universitas Bojonegoro
Keywords: Sektor Unggulan, Analisis Korelasi Pearson, PDRB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor PDRB menurut Lapangan Usaha yang mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan primer. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Menurut Lapangan Usaha Atas Dasar Harga Konstan Tahun Dasar 2011-2023, PDRB, Data sekunder bersumber dari BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Bojonegoro. Data diperoleh dengan metode dokumentasi. Data diolah dengan teknik Pearson Correlation Analysis dengan menggunakan SPSS 20 untuk mengetahui kuat atau lemahnya hubungan antara variabel 17 sektor lapangan usaha (X) dengan Variabel PDRB (Y) Kabupaten Bojonegoro. Analisis korelasi sektor usaha terhadap PDRB Kabupaten Bojonegoro menunjukkan bahwa sektor pertambangan dan penggalian merupakan sektor dengan pertumbuhan tertinggi, didukung oleh kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Sektor jasa, terutama di bidang administrasi pemerintahan dan perusahaan, juga memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan, menandakan adanya peningkatan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sektor ini. Temuan penelitian mendapati hubungan yang paling besar keeratannya atau korelasinya yaitu pada Pertambangan dan Penggalian dengan PDRB, dengan angka korelasi yang paling besar yaitu 0,9880. Koefisien korelasi tersebut bernilai positif, artinya peningkatan pada Pertambangan dan Penggalian akan diikuti dengan peningkatan PDRB. Temuan berikutnya adalah terdapat hubungan signifikan antara Pertambangan dan Penggalian dengan PDRB, ditandai dengan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000000000229.

References

Adisasmita, Rahardjo. 2005. Dasar-Dasar Ekonomi Wilayah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anwar, S., et al. (2022). "Analisis Sektor Energi di Indonesia." Journal of Energy Studies.

Arsyad, Lincolin. 1999. Ekonomi Pembangunan. Edisi IV, BPFE Yogyakarta.

BPS Bojonegoro. (2021). Laporan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021.

Firmanto, B. H. (2011). Sukses Bertanam Terung Secara Organik. Bandung: Angkasa.

Handono, S. T., Hendarto, K., & Kamal, M. (2011). Pola Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Cabai Merah Keriting (Capsicum annuum L.) Akibat Aplikasi Kalium Nitrat Pada Daerah Dataran Rendah. Jurnal Agrotek Tropika, 140-146.

Harnowo, D., Antarliana, & Mahagyosuko, H. (1994). Pengolahan ubi jalar guna mendukung diversifikasi pangan dan agroindustri. Risalah Seminar Penerapan Teknologi Produksi dan Pascapanen Ubi Jalar Mendukung Agroindustri, 123-129.

Hastuti, D., Subantoro, R., & Ismail, M. (2018). Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi dan Jumlah Pakan Terhadap Pendapatan Peternak Sapi Perah Rakyat. AGRONOMIKA, 12(2), 1-8.

International Energy Agency (IEA). (2021). Renewables and Recovery: The Role of Clean Energy in Global Economic Growth.

International Monetary Fund (IMF). (2021). World Economic Outlook: Recovery in Times of Crisis.

Johnson, L. A., White, P. J., & Galloway, R. (2008). Soybeans: chemistry, production, processing, and utilization (1 ed.). Urbana: AOCS Press.

Published
2024-09-30
How to Cite
Adiseputra, Y., Adianita, H., Susilowati, D., & Isna, A. (2024). ANALISIS PDRB MENURUT LAPANGAN USAHA YANG MEMPENGARUHI LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2011-2023. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 6(2), 65-74. https://doi.org/10.29303/e-jep.v6i029