PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG KONSUMEN MCDONALD’S SRIWIJAYA

  • Kartika Candra Putri Universitas Mataram
  • Rusminah Rusminah Universitas Mataram
  • Lalu M Furkan Universitas Mataram

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Berkunjung Ulang Konsumen McDonald’s Sriwijayaâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel dari experiential marketing terhadap minat berkunjung ulang. Populasi dalam penelitian ini jumlahnya tidak diketahui, sehingga digunakan purposive sampling untuk mengambil sampel yang berjumlah 85 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kualitas instrument, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda.

Dari hasil penelitian ini terdapat masalah bahwa yang menjadi pengaruh experiential marketing terhadap minat berkunjung ulang konsumen McDonald’s Sriwjaya terlihat dari variabel experiential marketing yaitu sense, feel, think, act, dan relate. Masing-masing variabel experiential marketing dan minat berkunjung ulang dengan interval kelas sangat tinggi. Hasil dari analisis statistik bahwa variabel experiential marketing berpengaruh terhadap minat berkunjung ulang konsumen McDonald’s Sriwijaya. Hal ini bisa terlihat dari hasil regresi dan nilai T hitung. Untuk variabel sense nilai regresi sebesar 0,189 dengan T hitung 2,498, variabel feel nilai regresi sebesar 0,191 dengan T hitung 2,522, variabel think nilai regresi sebesar 0,356 dengan T hitung 4,785, variabel act nilai regresi sebesar 0,171 dengan T hitung 2,138, dan variabel relate nilai regresi sebesar 0,398 dengan T hitung 5,507. Masing- masing nilai T hitung lebih besar dari T tabel (1,989).

References

Asnawi, Nur dan Masyhuri. 2011. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN-Maliki Press. Aviolitasona, Gheraldin Bella. 2017. Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjung Ulang
Wisatawan Umbul Sewu Pengging Boyolali. Skripsi: 1-78.
Doyle, Charles. 2013. Kamus Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Ferdinand, Augusty. 2002. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Unbiversitas Diponegoro.
Handayani, Fitria. 2017. Pengaruh Dimensi Experiential Marketing terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Owl Café di Bandar Lampung. Bandar Lampung: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung.
Isnaini, P. R., dan Yusri Abdillah. 2018. Pengaruh Citra Merek Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung dan Kepuasan Berkunjung serta Dampaknya pada pada Minat Kunjung Ulang (Survei Pada Pengunjung Taman Rekreasi Selecta Kota Batu yang termasuk dalam Kategori Generasi Millenial). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 55 No. 2: 122-129.
Izdhihar, Afifah Nur. 2018. Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Waroeng Spesial Sambal Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Kotler, Philip. 1997. Perencanaan Manajemen Pemasaran, Anlisis dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga. Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran 1. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.
Lamongi, Jackline Et al. 2018. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Di J.Co Donuts Dan Coffee Manado Town Square Manado. Manado: Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.
Malhotra, N. K. 2009. Riset Pemasaran Pendekatan Terapan Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks. Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Permana, Adhitya Agung. 2018. Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Pembelian Ulang (Survei pada Pengunjung Warung Makan Kopi Klothok di Pakem Sleman Yogyakarta). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Rahmawati. 2003. “Pengaruh Aspek Sense dan Feel Dari Experiential Marketing Pada Kasus Soto Gebrak” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Vol. III No. 2 Agustus: 109-121.
Sarwono, Jonathan. 2014. Teknik Jitu Memilih Prosedur Analisis Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Schiffman, Leon & Leslie, Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indeks
Schmitt, Bernd. 1999. “Experiential Marketing : How To Get Customers To Sense, Feel, Think, Act And Relate To Your Company And Brands”. New york: The Free Pass.
Schmitt, Bernd. 2011. Experience Marketing Concepts, Frameworks and Consumer Insights. Marketing Articles.
Setyono, Darwin Et al. 2017. Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Konig Coffee & Bar. Surabaya: Jurnal Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra.
Smilansky, Shaz. 2009. Experiential Marketing, A Practical Guide to Interactive Brand Experience.
Philadelphia: Kogan Page.

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen).
Yogyakarta : BPFE UGM.
Wiratmadja, Raden Gandhira. 2011. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Studi Kasus: Inul Vizta Ktv Pejaten Village. Skripsi Universitas Indonesia.
www.statista.com diakses pada 11 Oktober 2019, pukul 20.00 WITA.
www.topbrand-award.com diakses pada 11 Oktober 2019, pukul 20.11 WITA
www.roymorgan.com diakses pada 21 Oktober 2019, pukul 14.00 WITA www.google.com/maps diakses pada 21 Oktober, pukul 15.30 WITA
Published
2020-06-07
How to Cite
Candra Putri, K., Rusminah, R., & Furkan, L. M. (2020). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG KONSUMEN MCDONALD’S SRIWIJAYA. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(1), 100 - 1`23. Retrieved from https://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/24
Section
Articles