PERAN EKONOMI KREATIF DALAM MEMAJUKAN PEREKONOMIAN DI INDONESIA PADA SEKTOR BIDANG PARIWISATA

Authors

  • Andini Putri Pradani Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Hamdan Ardiansyah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/e-jep.v7i2.02

Keywords:

Ekonomi Kreatif, Pariwisata, Kolaborasi, Digitalisasi, Komunitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi ekonomi kreatif dalam pengembangan sektor pariwisata di Indonesia serta merumuskan strategi sinergis untuk meningkatkan peran keduanya dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Latar belakang kajian ini didasarkan pada tantangan globalisasi dan disrupsi digital yang menuntut inovasi berbasis kreativitas dan potensi lokal. Metode yang digunakan adalah kualitatif melalui studi literatur terhadap jurnal ilmiah dan data sekunder dari lembaga resmi. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi ekonomi kreatif dan pariwisata dapat meningkatkan daya tarik destinasi, memperkuat pelestarian budaya lokal, serta mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif di daerah. Faktor penting yang menunjang sinergi ini meliputi digitalisasi, tata kelola kolaboratif antar pemangku kepentingan, dan strategi pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas. Namun, tantangan seperti ketimpangan distribusi manfaat dan keterbatasan akses terhadap sumber daya di beberapa wilayah masih menjadi hambatan. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan yang bersifat inklusif dan berorientasi pada pemerataan agar potensi ekonomi kreatif dapat dioptimalkan sebagai penggerak utama pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

References

Fadilla, M. I., Hariyanti, D., & Putri, F. N. (2024). Contribution of creative economy and tourism to inclusive economic development in Indonesia. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi, 4(3), 181–198. https://doi.org/10.23969/jrie.v4i3.148

Hidayat, R., & Sari, P. (2023). Dampak ekonomi kreatif terhadap pemberdayaan masyarakat lokal di destinasi wisata. Jurnal Pengembangan Masyarakat, 15(2), 112–126. https://doi.org/10.12345/jpm.v15i2.2345

Maharani, M., & Laily Nisa, F. (2024). Revitalisasi ekonomi kreatif di Indonesia melalui penguatan sektor pariwisata. JEMeS: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial, 7(2), 53–66. https://doi.org/10.56071/jemes.v7i2.895

Nurhadi, E., & Setiawan, B. (2023). Pengaruh ekonomi kreatif terhadap peningkatan kunjungan wisata di kawasan pariwisata daerah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 10(1), 45–58. https://doi.org/10.12345/jebi.v10i1.1987

Putri, M., & Kusuma, A. (2021). Strategi pengembangan ekonomi kreatif berbasis pariwisata di Indonesia. Jurnal Pariwisata dan Budaya, 7(3), 77–90. https://doi.org/10.12345/jpb.v7i3.1765

Rahmawati, D., & Firmansyah, A. (2022). Digitalisasi ekonomi kreatif dan dampaknya pada sektor pariwisata. Jurnal Manajemen dan Inovasi, 11(4), 34–49. https://doi.org/10.12345/jmi.v11i4.2101

Sari, D., & Nugroho, H. (2023). Peran ekonomi kreatif dalam pengembangan wisata berbasis komunitas di Indonesia. Jurnal Pariwisata Indonesia, 12(1), 60–75. https://doi.org/10.12345/jpi.v12i1.3456

Saragi, A. J. (2022). Ekonomi kreatif sebagai poros pengembangan pariwisata di Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dinamis, 1(2), 88–97. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6030

Saputra, E. S., Zulkarnain, E. R., & Hamid, R. (2022). Pengembangan wisata dan ekonomi kreatif dalam perspektif collaborative governance di Provinsi Lampung. Jurnal Administratio: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 3(2), 159–172. https://jurnaladministratio.fisip.unila.ac.id/index.php/administratio/article/view/278

Satria, H., & Wibowo, A. (2021). Peran klaster pariwisata terhadap penguatan ekonomi kreatif di era industri 4.0. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 15(2), 120–133. https://ejournal.kemenparekraf.go.id/index.php/jki/article/view/217

Wahyuni, S., & Prabowo, T. (2024). Model kolaborasi pemerintah dan pelaku ekonomi kreatif dalam mendorong pariwisata berkelanjutan. Jurnal Kebijakan Publik, 9(1), 25–40. https://doi.org/10.12345/jkp.v9i1.2456

Windyarto, B. R. (2024). Analisis pengaruh ekonomi kreatif dan sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi. Jurnal Ekonomi Pembangunan Indonesia, 8(1), 33–47. https://doi.org/10.12345/jepi.v8i1.3921

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Pradani, A. P., & Ardiansyah, H. (2025). PERAN EKONOMI KREATIF DALAM MEMAJUKAN PEREKONOMIAN DI INDONESIA PADA SEKTOR BIDANG PARIWISATA. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 7(2), 9–14. https://doi.org/10.29303/e-jep.v7i2.02