LITERASI EKONOMI DAN PERILAKU KEUANGAN SISWA: DAMPAK EDUKASI PENGELOLAAN UANG SAKU MELALUI SKALA PRIORITAS DAN PENCATATAN KEUANGAN
DOI:
https://doi.org/10.29303/e-jep.v7i2.11Keywords:
Literasi Ekonomi, Uang Saku, Skala Prioritas, Pencatatan Keuangan, Perilaku Keuangan Siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak edukasi pengelolaan uang saku terhadap perilaku keuangan siswa sekolah menengah dengan fokus pada penerapan skala prioritas dan pencatatan keuangan sederhana. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, yang dilakukan melalui observasi dan wawancara pada sejumlah siswa yang mendapatkan edukasi terkait pengelolaan uang saku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi pengelolaan uang saku berpengaruh positif terhadap perubahan perilaku keuangan siswa. Siswa mulai mampu membedakan antara kebutuhan primer dan keinginan sekunder, serta menunjukkan pola pengeluaran yang lebih terarah. Kebiasaan mencatat arus keuangan sederhana juga mulai berkembang, meskipun konsistensi masih menjadi tantangan bagi sebagian siswa. Selain itu, ditemukan adanya kecenderungan siswa untuk menabung meskipun dalam jumlah kecil, yang mengindikasikan munculnya orientasi perencanaan keuangan jangka pendek. Namun demikian, penelitian juga mengungkap bahwa faktor eksternal, seperti pengaruh teman sebaya dan lingkungan sosial, masih berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa. Temuan ini menegaskan bahwa edukasi literasi keuangan sejak dini berperan penting dalam membentuk perilaku keuangan yang sehat, tetapi keberhasilannya membutuhkan dukungan dari sekolah dan keluarga agar dapat diterapkan secara konsisten.
References
Atkinson, A., & Messy, F. (2012). Measuring Financial Literacy: Results of the OECD / International Network on Financial Education (INFE) Pilot Study. OECD Publishing.
https://doi.org/10.1787/5k9csfs90fr4-en
Assyakurrohim, Dimas., Ikhram, Dewa., Afgani, M Win. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(1). https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Choiron, Ramadhani Nurul. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan, Dan Sikap Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Dimoderasi Gaya Hidup. Program Studi Magister Manajemen Direktorat Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
Hilgert, M. A., Hogarth, J. M., & Beverly, S. G. (2003). Household financial management: The connection between knowledge and behavior. Federal Reserve Bulletin, 89(7), 309–322.
Huston, S. J. (2010). Measuring financial literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316.
https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x
Lally, P., Van Jaarsveld, C. H. M., Potts, H. W. W., & Wardle, J. (2010). How are habits formed: Modelling habit formation in the real world. European Journal of Social Psychology, 40(6), 998–1009. https://doi.org/10.1002/ejsp.674
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5
Mandell, L., & Klein, L. S. (2009). The impact of financial literacy education on subsequent financial behavior. Journal of Financial Counseling and Planning, 20(1), 15–24
Maris, Wihelmina Yubilia., & Listiadi, Agung. (2021). Pengaruh lingkungan teman sebaya, status sosial ekonomi orang tua, dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dengan locus of control sebagai variabel intervening. AKUNTABEL 18 (3), 574-584. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL
Nugroho, R. A., & Dewi, R. K. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif terhadap Pengelolaan Keuangan Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 45–55.
Oktaviani, R., & Yuliani, M. (2022). Edukasi Pencatatan Keuangan Pribadi Sederhana sebagai Bentuk Peningkatan Literasi Keuangan Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Abdimas Nusantara, 2(3), 170–176.
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan. Jakarta: OJK. https://www.ojk.go.id
Purba , Rolita C., Damanik, Fransiska Tiurma., Tarigan, Saudaranta., & Pasaribu, Ida Mariani. (2025). Edukasi Literasi Keuangan bagi Remaja dalam Mengelola Uang Saku Pada Siswa SMA Negeri 3 Medan. Panggung Kebaikan : Jurnal Pengabdian Sosial, 2(3), 70–77. https://doi.org/10.62951/panggungkebaikan.v2i3.1973
Purnama, Puspita. (2022). Penerapan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif Siswa Di SMK Negeri 3 Sinjai Kabupaten Sinjai. Universitas Negeri Makassar.
Ratih, Inayah Swasti., & Zulfikri, Robby Reza. (2024). Peningkatan Literasi Finansial melalui Pelatihan Perencanaan Keuangan pada Siswa Sekolah Dasar. Ngarsa: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 4(1), 11-22. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v4i1.443
Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33) Januari-Juni 2018, 81-95.
Rozaini, Noni., & Sitohang, Anastasya. (2020). Pengaruh Pengelolaan Uang Saku Dan Modernitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2018. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya Penelitian Ilmu Manajemen, 6(2), 1-8. https://doi.org/10.47663/jmbep.v6i2.59
Schugars, A. A., & Anderson, J. C. (2018). Teaching Teens to Budget: A Case for Practical Financial Education. Journal of Financial Counseling and Planning, 29(1), 105–115.
Shim, S., Barber, B. L., Card, N. A., Xiao, J. J., & Serido, J. (2010). Financial socialization of first‐year college students: The roles of parents, work, and education. Journal of Youth and Adolescence, 39, 1457–1470. https://doi.org/10.1007/s10964-009-9432-x
Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Widayati, R. (2019). Peran Pencatatan Keuangan dalam Pengambilan Keputusan Keuangan Pribadi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 10(2), 122–131.
Yanti, W. W. (2020). Peran Pencatatan Keuangan Harian Sebagai Filter Diri Dalam Pengaturan Pengeluaran Pribadi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Akuntansi USM). Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 22(2), 257-271. https://doi.org/10.26623/jdsb.v22i2.2589
Zimmerman, J. (2016). Accounting for Teens: A Guide to Financial Literacy. USA: Capstone Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitra Ria Silvada, Risa Lailatul, Nia Rifvany, Adinda Nadya Firmannsyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



