KEBUTUHAN DAN PENGELOLAAN HARTA DALAM MAQASHID SYARIAH

  • Muhammad Irwan Universitas Mataram
Keywords: Kebutuhan, Pengelolaan, Harta, Maslahah, Maqashid, syariah

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kebutuhan dan pengelolaan harta dalam Maqashid syariah. Harta merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia, karena akan menentukan kualitas kehidupannya baik masa sekarang maupun masa mendatang. Harta yang dimiliki oleh manusia harus memberi kemanfaatan (maslahah) baik bagi dirinya maupun bagi orang lain dan menghindari terjadinya kerusakan (mufsadat) yang dapat merugikan manusia itu sendiri. Maslahah merupakan tujuan syariah (maqashid syariah) dan menjadi inti utama dari syariah itu sendiri  dan bersifat umum dan universal. Pengelolaan harta bagi manusia dimaksudkan untuk menggunakan harta dan membelanjakan sesuai dengan perencanaan. Pengelolaan harta dilakukan dengan mendistribusikan dan tidak menimbunnya karena berdampak pada terganggunya aktivitas ekonomi. Distribusi harta dan tidak menimbun dapat menghindarkan manusia dari sikap pelit, kikir, sombong dan individualis. Pengelolaan harta terdapat terdapat 5 langkah yang dilakukan yaitu  Wealth creation/Accumulation atau penciptaan harta; (2) Wealth Consumption atau konsumsi harta; (3) Wealth purification atau penyucian harta; (4) Wealth Distribution atau distribusi harta; dan (5) Wealth protection atau perlindungan harta

References

Al-Faizin, Abdul Wahid dan Nashr Akbar. 2018. Tafsir Ekonomi Kontemporer; Menggali Teori Ekonomi Dari Ayat-Ayat Al-Qur’an. Gema Insani,Jakarta.
Al-Musyaikih, Khalid Bin Ali. 2012. Buku Pintar Muamalah, Akutal dan Mudah diterjemahkan oleh Abu Zidna.Wafa Press; Klaten.
Anwar, Muhammad. 2020. Pengantar Dasar Ilmu Manajemen. Kencana, Jakarta.
Aprianto, Naerul Edwin Kiky, 2017. Journal Of Islamic Economics Lariba. Volume 3. Issue 2. 65-74.
Aravik, Havis dan Fakhry Zamzam, 2020. Filsafat Ekonomi Islam; Ikhtiar Memahami Nilai Esensial Ekonomi Islam. Kencana Prenada Group, Jakarta.
Ash-Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. 2009. Penganta Fiqh Muamalah; Membahas Hukum Pokok Dalam Interaksi Sosial Ekonomi. Pustaka Rizki Putra; Semarang.
Ath-Tarsyah, Syaikh Adnan. 2004. Anda dan Harta. Pustaka Al-Kautsar; Jakarta.
Bably, Muhammad Mahmud. 1999. Kedudukan Harta Menurut Pandangan Islam. Kalam Mulia; Jakarta.
Chalil, ZakuFuad. 2009. Pemerataan Distribusi Kekayaan Dalam Ekonomi Islam. Khazanah Ekonomi Syariah. Erlangga, Jakarta.
Chaudry, Muhammad Sharif. 2012. Sistem Ekonomi Islam ; Prinsip Dasar. Kencana Prenada Group, Jakarta
Choirunnisak. 2017. Konsep Pengelolaan Kekayaan Dalam Islam. Islamic Banking Volume 3 Nomor 1 Edisi Agustus, 2017.
Cholisni, Atiqi dan Kiki Damayanti, 2016. Analisis Maqashid Al-Syari’ah Dalam Keputusan Konsumen Memilih Hunian Islami Pada Perumahan Villa Ilhami Tangerang. Jurnal Isaminomic. Vol. 7 Np.1, April 2016.
Djuwaini, Dimyauddin. 2010. Pengantar Fiqh Muamalah. Pustaka Pelajar; Yogyakarta.
Fakhruddin. 2008. Fiqh dan Manajemen Zakat Di Indonesia. UIN-Malang Press; Malang.
Hadi, Kuncoro. 2012. Implementasi Maqashid Syariah Sebagai Indikator Perusahaan Islami; Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, Vol. 1. No.3 Maret 2012.
Handoko, T. Hani. 2013. Manajemen. Edisi 2. BPFE- Yogyakarta.
Jauhar, AhmadAl-Mursi Husain. 2009. Maqashid Syariah. AMZAH, Jakarta.
Jusmaliani, 2011. Pengelolaan Sumber Daya Insani. Bumi Aksara; Jakarta.
Kementrian Agama Republik Indonesia. 2012. Tafsir Al-Qur’an Tematik : Pembangunan Ekonomi Umat. Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam; Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah; Jakarta.
Masqood, Ruqaiyah Waris. 2003. Harta Dalam Islam. Lintas Pustaka, Jakarta.
Mardani. 2012. Fiqh Ekonomi Syariah; Fiqh Muamalah. Kencana Prenada Group, Jakarta
Musolli, 2018. Maqashid Syariah; Kajian Teorits Dan Aplikatif Pada Isu-Isu Kontemporer. At-Turaas, Volume V, No. 1, Januari – Juni, 2018.
Nasution, Mustafa Edwin, dkk, 2006.Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Kencana Prenada Media Group; Jakarta.
Qadir, Abdurrahman. 1998. Zakat Dalam Dimensi Mahdhah dan Sosial. PT. Radja Grafindo Persada; Jakarta
Rosyidi, Suherman. 2000. Pengantar Teori Ekonomi; Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro. Edisi Baru. PT. Radja Grafindo Persada; Jakarta.
Salim, Peter dan Yenny Salim, 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontempore (Jakarta: Modern English Press).
Sinn, Ahmad Ibrahim Abu. 2008. Manajemen Syariah; Sebuah Kajian Historis Dan Kontemporer. PT. Radja Grafindo Persada; Jakarta.
Sukirno, Sadono. 2015. Mikroekonomi Teori Pengantar, Edisi Ketiga. PT. RadjaGrafindo Persada; Jakarta.
Susilawati, Nilda, 2015. Stratifikasi Al-Maqashid Syariah Dan Penerapannya Dalam Al-Dharuriyat, Al-Hajjiyat, Al-Tahsiniyyat. Minzani. Vol IX,No.1, Februari 2015.
Tamanni, Luqyan dan Murniati Mukhlisin. 2013. Sakinah Finance, Solusi Mudah Mengatur Keuangan Keluarga Islami. Tinta Media; Solo.
Tim Prima Pena. Tt. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Gita Media Press.
Yahya, Yusuf, 2020. Kontribusi Pemikiran Imam Syathibi dan Abraham H. Maslow Tentang Kebutuhan Dasar Manusia. Jurnal Al-Mashadiir. Vol. 1 No.2. 2020.
Zaki, Muhammad dan Bayu Tri Cahya, 2015. Aplikasi Maqashi As-Syariah Pada Sistem Keuangan Syariah. Bisnis, Vol. 3. No. 2. Desember 2015.
Published
2021-09-16
How to Cite
Irwan, M. (2021). KEBUTUHAN DAN PENGELOLAAN HARTA DALAM MAQASHID SYARIAH. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 160-174. Retrieved from https://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/47