KONSISTENSI WAKTU OPTIMAL MEKANISME TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER PADA SISTEM MONETER GANDA DI INDONESIA

  • Taufiq Chaidir Universitas Mataram
  • Ihsan Rois Universitas Mataram
  • Jalaluddin Universitas Mataram
Keywords: mekanisme transmisi kebijakan moneter, sistem moneter ganda, lag optimal, sistem moneter konvensional, sistem moneter Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan mekanisme waktu yang paling optimal dalam mekanisme transmisi kebijakan moneter baik pada sistem moneter konvensional maupun sistem moneter Islam dalam merespon sasaran akhir inflasi, serta untuk membuktikan kebijakan moneter yang lebih efektif antara sistem moneter konvensional melalui jalur langsung (JUB), jalur suku bunga (rSBI) dan jalur nilai tukar, dengan  sistem moneter Islam melalui jalur langsung (JUB), jalur bagi-hasil (rSBIS) dan jalur nilai tukar, dalam merespon sasaran akhir inflasi.

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah eksplanasi, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi kasus. Penelitian ini seluruhnya menggunakan data sekunder di Indonesia tahun 2008.1-2020.12. Untuk menjawab hipotesis penelitian, digunakan metode analisis Vector Auto Regression (VAR), dan Vector Error Correction Model (VECM).

Hasil penelitian membuktikan bahwa lag optimal lag yang di butuhkan oleh transmisi kebijkan moneter melalui instrumen pada sistem konvensional dan syariah guna mencapai tujuan akhir inflasi adalah dalam kurun waktu tiga bulan bulan. Hasil impulse response function (IRF) bahwa guncangan dari RSBI, RPUAB, GWMK, SBIS, PUAS, dan GWMS direspon negatif oleh inflasi meskipun pada periode-periode awal adanya kecendrungan terjadi ketidak stabilan, namun pada periode ke enam (enam bulan) sampai periode ke sepuluh (sepuluh bulan) telah mencapai keseimbangan.

Author Biography

Taufiq Chaidir, Universitas Mataram

References

Anonim. 2009. Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia
___________, 2010. Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia .
___________, 2011. Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia .
___________, 2012. Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia .
___________, 2013. Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia .
___________, 2014. Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia .
___________, 2015. Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia .
Alfian, Muhammad. 2011. “Efektifitas Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Pada Jjalur Suku Bunga Periode 2005:07-2010:06”. Media Ekonomi Vol. 19, No. 2, Agustus 2011.
Ascarya. 2002. Instrmen-instrumen Pengendalian Moneter. Buku Seri Kebanksentralan No.3. Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.
Ascarya dan Diana Yumanita. 2005. Bank Syari’ah : Gambaran Umum. Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan. Jakarta : Bank Indonesia.
Damodar N. Gujarati. 2002. “Basic Econometrics”. United States Military Academy, West Point-Mc Graw-Hill Higher Education.
________, N. Gujarati. 2012. Dasar-Dasar Ekonomerika, Edisi 5. McGraw-Hill: New York, AS.
Departemen Keuangan RI. (2008). Analisis Hubungan Kointegrasi dan Kausalitas serta Hubungan Dinamis antara Aliran Modal Asing, Perubahan Nilai Tukar dan Pergerakan IHSG di Pasar Modal Indonesia. Jakarta : Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Departemen Keuangan RI.
Hadi, Yonathan S. (2003). Analisis Vector Autoregression (VAR) terhadap Korelasi antara Pendapatan Nasional dan Investasi Pemerintah di Indonesia , 1983/1984 - 1999/2000.Jurnal Keuangan dan Moneter, Volume 6 Nomor 2.
Natsir, M. 2008. “Analisis Empiris Efektivitas Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia Melalui Jjalur Suku Bunga (Interest Rate Channel) Periode 1990:2–2007:1”.Majalah ekonomi, Tahun XXI, No. 2 Agustus 2011.
___________, 2008. Analisis Empiris Efektivitas Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter di Indonesia melalui Jjalur Ekspektasi Inflasi Periode 1990:2-2007:1. Unhalu Kendari.
Nopirin, M.2013. Ekonomi Moneter Buku 1 (Edisi Keempat). Yogyakarta:BPFE
___________, 2013. Ekonomi Moneter Buku 2 (Edisi Pertama). Yogyakarta:BPFE
Nugroho, Ris Yuwono Yudo. (2009). Analisis Faktor-faktor Penentu Pembiayaan Perbankan Syariah di Indonesia : Aplikasi Model Vector Error Correction. Tesis pada Institut Pertanian Bogor.
Pohan, Aulia. 2008. “Potret Kebijakan Moneter Indonesia”. (Edisi Pertama). Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.
___________, 2008. “Kerangka Kebijakan Moneter & Implementasinya Di Indonesia ”. (Edisi Pertama). Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.
Rusydiana, Aam Slamet. (2009). Mekanisme Transmisi Syariah pada Sistem Moneter Ganda di Indonesia. Bank Indonesia : Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, April 2009. p.345-368
Warjiyo,Perry. 2004. “Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia”. Buku Seri Kebanksentralan No.11. Jakarta: Pusat pendidikan dan studi kebanksentralan (PPSK).
Yusuf. Mohamad. 2014. “Analisis Efektifitas Jjalur-Jjalur Transmisi Kebijakan Moneter Dengan Sasaran Tunggal Inflasi Di Indonesia”. Universitas Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2004 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia. . [Online] http://www.bi.go.id/web/id/Perbankan/, Hotml 08 September 2009.
Published
2022-03-31
How to Cite
Chaidir, T., Rois, I., & Jalaluddin. (2022). KONSISTENSI WAKTU OPTIMAL MEKANISME TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER PADA SISTEM MONETER GANDA DI INDONESIA. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(1), 59-76. Retrieved from https://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/57