ETIKA BISNIS ISLAMI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG HASIL KERAJINAN CUKLI DI KOTA MATARAM

  • sahri Universitas Mataram
Keywords: Etika bisnis islami, hasil kerajinan cukli, kesejahteraan pedagang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh etika bisnis islami terhadap kesejahteraan pedagang hasil kerajinan cukli di Kota Mataram.  Lokasi penelitian ini adalah di wilayah Kota Mataram Nusa Tenggara Barat dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut merupakan pusat perdagangan hasil kerajinan cukli di Pulau Lombok. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode sensus dengan mengambil semua unit populasi, yaitu sebanyak 52 orang pedagang hasil kerajinan cukli  sebagai responden. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data dengan pendekatan kuantitatif menggunakan  alat analisis Partial Least Square (PLS)  dengan program SmartPLS versi 2.0 M3. 

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa etika bisnis islami berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kesejahteraan pedagang hasil kerajinan cukli. Hasil penelitian ini berbeda dengan hasil penelitian Nasution yang dilakukan terhadap pedagang di pusat pasar Medan,  yang kesimpulannya menyatakan bahwa etika bisnis islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan pedagang. Selain itu, penelitian hasil ini menemukan bahwa etika bisnis islami yang berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kesejahteraan pedagang hasil kerajinan cukli di Kota Mataram disebabkan karena walaupun pedagang termasuk dalam kategori sangat kuat dalam mengimplementasikan etika bisnis islami tetapi mereka belum kaffah. Para  pedagang masih memperdagangkan barang yang dilarang oleh agama, yaitu patung dan topeng.

References

Agoes, Sukrisno, dan I.C. Ardana, 2009. Etika Bisnis dan Profesi, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya, Jakarta : Salemba Empat.

Agung, Lukman, 2007. Menjadi Kaya Bersama Rasulullah, Rahasia Menjadi Pebisnis Kaya Dengan Teladan Kewirausahaan Rasulullah, Yogjakarta : Diva Press.

Afzalurrahman, 2000. Muhammad Sebagai Seorang Pedagang, Jakarta :Yayasan Swarna Bumi.

___________,2002. Doktrin Ekonomi Islam, Jakarta : PT. Dana Bhakti Prima Yasa.


Ahmad, Ziauddin, 1998. Al-Qur’an, Kemiskinan dan Pemerataan Pendapatan, Yogjakarta : Dana Bhakti Prima Yasa.

Ali, Hasyimi-al Muhammad, 2001. Menjadi Muslim Ideal: Pribadi Islami Menurut Al-Qur’an dan as-Sunnah, Yogyakarta : Mitra Pustaka.

Amalia Euis, 2009. Keadilan Distributif dalam Ekonomi Islam , Penguatan Peran LKM dan UKM di Indonesia, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Aprianti, Prilia N., 2003. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perilaku dan Kinerja Hasil Tenaga Penjual Pada Perusahaan Perdagangan Besar Farmasi di Kota Semarang. Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Badroen, Faisal et al., 2006. Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: Kencana.

Banjaari Al , Rachmat, R., 2008. Orang Islam Harus Kaya, Jogjakarta: DIVA Press.

Beekun, Rafik Issa, 2004. Etika Bisnis Islami, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bertens, K., 2000. Pengantar Etika Bisnis, Yogyakarta : Kanisius.

Busaini, 2010. Analisis Implementasi Etika Tijarah dan Kinerja Serta Kesejahteraan Keluarga Pedagang Emas di Kota Mataram, Disertasi Universitas Airlangga, Surabaya.

Chapra, M. Umar, 2000. Islam Dan Tantangan Ekonomi, Jakarta: Gema Insani Press.

___________, 2001. Masa Depan Ilmu Ekonomi, Sebuah Tinjauan Islam, Jakarta: Gema Insani Press.

Fauroni, Lukman, 2006. Etika Bisnis dalam al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Fillaili, Rizki, dkk., 2009. Pemantauan Dampak Sosial Ekonomi Krisis Keuangan Global 2008 / 09 di Indonesia, Dampak Terhadap Penghidupan Masyarakat Pengrajin Gerabah Nusa Tenggara Barat ( NTB ), Jakarta: Lembaga Penelitian Smeru.

Ghozali, Imam, 2011. Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square, Semarang : BP Undip.

Ghunaim, Dakhil bin, 2005. Kepada Para Pedagang Untuk Nasehat Seputar Adab Jual – Beli, Solo : Aqwam.

Hair, Joe F., Christian M. Ringle, dan Marko Sarstedt. 2011. PLS – SEM Indeed a Silver Bullet, Journal of Marketing Theory and Practice, Vol. 19, No. 2, pp. 139 – 151, M.E. Sharpe, Inc.

Harahap, Sofyan S., 2011. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam, Jakarta : Salemba Empat.

Hartman, Laura P. dan Joe Desjardins, 2011. Etika Bisnis : Pengambilan Keputusan Untuk Integritas Pribadi dan Tanggung Jawab Sosial, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Hulaimi, Sahri, dan Moh. Huzaini, 2017. Etika Bisnis Islami dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Pedagang Sapi. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam)-Volume 2, Nomor 1., UIN Imam Bonjol, Padang.

Hoetoro, Arif, 2007. Ekonomi Islam Pengantar Analisis Kesejarahan dan Metodologi, Malang: BPFE UNIBRAW.

Jauhar, Ahmad Al-Mursi Husain, 2009. Maqashid Syariah, Jakarta: Amzah.

Jogiyanto, dan Willy Abdillah, 2009. Konsep dan Aplikasi PLS Untuk Penelitian Empiris, Yogjakarta : BPFE.

Jusmaliani, dkk., 2008. Bisnis Berbasis Syariah, Jakarta : Bumi Aksara.
Kaaf-al, Abdullah Zaky, 2002. Ekonomi Dalam Perspektif Islam, Bandung : Pustaka Setia.
Kementerian Agama Republik Indonesia, 2011. Al-Qur’an dan Terjemahannya dengan Transliterasi Arab – Latin Juz 1 - 30, Surabaya: Pustaka Agung Harapan.

Khaldun, Ibn, 2006. Muqaddimah, Jakarta : Pustaka Firdaus.

Mannan, M, Abdul, 1997, Teori Dan Praktek Ekonomi Islam, Yogjakarta: PT. Dana Bhakti wakaf.

Masqood, Ruqaiyah Waris, 2002. Harta Dalam Islam, Panduan Al-Qur’an dan Hadits Dalam Mencari Dan Membelanjakan Harta dan Kekayaan, Jakarta: Lintas Pustaka.

Misbach, Mochammad Lutfie, 2006. Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi dan Motivasi Kerja Serta Kesejahteraan Keluarga Tenaga Kerja Indonesia Terhadap Minat Kembali Ke Luar Negeri, Disertasi, Universitas Airlangga Surabaya.

Metwally, M.M., 1997. Economic Consequences of Applying Islamic Principles in Muslim Societies, International Jurnal of Social Economics, Vol. 24 Issue 7 / 8 , p. 941, 17p.

Myers, David, G.ustofa, 2012. Psikologi Sosial, Jakarta : Salemba Humanika.

Nasution, Y.I., 2019. Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Kesejahteraan Pedagang ( Studi Kasus Pedagang Pusat Pasar Medan ), Jurnal At-Tawassuth, Vol. IV, No.1, FEBI UIN Sumatera Utara, Medan.

Qardawi, Yusuf, 1997. Norma Dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta : Gema Insani Press.

___________,2004. Konsep Islam Solusi Utama Bagi Umat, Jakarta: Senayan Abadi Publishing.

Qodir, Zuly, 2002. Agama dan Etos Dagang, Solo : Pondok Edukasi.

Qubbani Al, Bahauddin, 1999. Miskin dan Kaya Dalam Pandangan Al-Qur’an, Jakarta : Gema Insani.

Ra’ana, Irfan Mahmud, 1997. Sistem Ekonomi Pemerintah Umar Ibnu Khattab, (terj), Jakarta: Pustaka Firdaus.

Riduwan, 2010. Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Severin, Werner, J. dan James W. Tankard, Jr.2011. Teori Komunikasi : Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa, Jakarta : Kencana.

Solimun dan Nurjannah, 2006, Metode Kuantitatif : Pemodelan Persamaan Struktural Pendekatan PLS dan SEM, Aplikasi Software SmartPLS dan AMOS, Materi Workshop Penguatan Confirmatory Research Bagi Dosen Perguruan Tinggi Islam Swasta Seluruh Indonesia, Malang : UIM dan Depag RI.

Sobary, Mohamad, 1999, Kesalehan dan Tingkah Laku Ekonomi, Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Suara Hidayatullah, 2007, Miskin dan Kaya, Edisi Agustus 2007 / Rajab 1428, hlm. 3

Suandi, 2007. Modal Sosial dan Kesejahteraan Keluarga Di Daerah Pedesaan Provinsi Jambi, Disertasi, IPB, Bogor.

Suryadarma Daniel, et al., 2007. Dampak Supermarket terhadap Pasar dan Pedagang Ritel Tradisional di Daerah Perkotaan di Indonesia, Jakarta : Lembaga Penelitian SMERU.

Supandi, Irfan, 2006. How to Make Money Merintis Bisnis Para Da’i, Solo : Aulia Press.

Suyanto M., 2008. Muhammad Business Strategy and Ethics, Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Syahatah, Husain dan Siddiq, 2005. Transaksi dan Etika Bisnis Islam, Jakarta: Visi Insani Publishing.

Syam, Nina, W., 2012. Psikologi Sosial Sebagai Akar Ilmu Komunikasi, Bandung: Sambiosa Rekatama Media.

Tjandradiredja, Hana, 2002. Budaya dan Strategi Berkarakteristik Dalam Mencapai Keunggulan Pemasaran, , Jakarta : LPFE- UI

Tharsyah-Ath, Syaikh Adnan, 2004. Anda dan Harta, Jakarta : Pustaka Al-Kautsar.

Velasques, Manuel, G., 2005. Etika Bisnis Konsep dan Kasus, Yogyakarta : ANDI.

West, Richard dan Lynn H. Turner, 2009. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi, Jakarta : Salemba Humanika.

Yamin, Sofyan, 2011. Generasi Baru Mengolah Data Penelitian Dengan Partial Least Square Path Modeling, Aplikasi Dengan Software XLSTAT, SmartPLS, dan Visual PLS, Jakarta : Salemba Infotek.

Yosephus, L. Sinuor, 2010. Etika Bisnis: Pendekatan Filsafat Moral Terhadap Perilaku Pebisnis Kontemporer, Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Zaroni, Akhmad Nur, 2007. Jual Beli Gharar ( Tinjauan terhadap Proses dan Obyek Transaksi Jual Beli ), MAZAHIB, Vol. IV, No. 1, Juni 2007, h. 68 – 85.
Published
2022-09-26
How to Cite
sahri. (2022). ETIKA BISNIS ISLAMI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG HASIL KERAJINAN CUKLI DI KOTA MATARAM. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(2), 202-222. Retrieved from https://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/65